Setelah kembarannya yang ber-genre SUV diluncurkan baru-baru ini, peluncuran All New Ford Ranger 2015 sepertinya tinggal menghitung hari. Setelah diperkenalkan di gelaran Bangkok Auto Show, fihak pabrikan sendiri memperkirakan generasi terbaru kendaraan double cabin populer ini pada kuartal ke-3, setidaknya untuk kawasan Asia-Pasifik, termasuk Indonesia. Sementara itu di kalangan komunitas pecinta Ford Ranger santer beredar informasi bahwa helatan yang mereka nantikan itu akan digelar pertengahan bulan Agustus ini.

Memang seperti biasanya, Ford Ranger tidak hanya hadir dalam versi double cabin, tetapi juga versi single cabin, pick-up biasa yang hanya dapat menampung 2 penumpang di kabinnya, dan versi RAS yang berada diantara keduanya. Hanya saja seperti pesaing-pesaingnya seperti Nissan Frontier Navara, Toyota Hilux, dan Mitsubishi Strada, Ford Ranger lebih populer dalam versi double cabin. Jika All New Ford Ranger 2015 ini sudah sangat ditunggu-tunggu kehadirannya, wajar saja. Di tanah air, Ford Ranger berhasil menggondol banyak penghargaan bergengsi.

Sayangnya, hadir menggantikan versi lama yang sudah beredar sejak 2012 lalu, versi Ford Ranger terbaru ini konon lebih condong ke arah facelift, artinya perubahannya lebih banyak pada kosmetik untuk membuat penampilan yang lebih segar. Meskipun demikian untuk kelas facelift, perubahan pada Ford Ranger terbaru ini cenderung membuat penampilannya benar-benar berbeda. Jika anda pemilik Ford Ranger lama, sudah pasti anda akan tertarik untuk segera meminang begitu meja pemesanan dibuka.

Mereka yang sempat hadir pada gelarang Bangkok Auto Show dimana All New Ford Ranger 2015 ini pertama kali diperkenalkan di Asia pasti sependapat bahwa Ford Ranger terbaru ini tampil lebih gagah dan berani dengan design modern yang dimilikinya.

Ubahan paling mencolok nampak pada bagian depan, dengan grill baru yang dirancang lebih atraktif. Sementara itu potongan lampu lebih menyipit. Pertemuan grill lebih besar dan mata lebih sipit mungkin terbayang aneh kalau hanya didengar atau dibaca, tetapi pada kenyataanya paduan itu justru menghadirkan tampilan visual yang sangat menarik. Tidak hanya di sisi eksterior, bagian interior juga tidak luput dari sentuhan perubahan. Dashboard dan kolom tengah yang sudah sangat elegan pada model 2012 terdahulu menjadi semakin mewah pada versi terbaru ini.

“Penyempurnaan pada All New Ford Ranger 2015 dirancang untuk memberikan tingkat kenyamanan yang lebih tinggi tanpa mengorbankan ketangguhan yang sudah merupakan karakter mendasar dari mobil ini”, tutur Vice President Marketing, Sales & Service Ford Asia Pacific, Bret Wheatley, saat memperkenalkan All New Ford Ranger 2015 pada gelaran Bangkok Auto Show baru-baru ini.

Seperti pada versi sebelumnya, diyakini akan menjadi versi paling populer dari sisi pilihan mesin adalah mesin diesel 4-silider Duratorq TDCi berkapasitas 2200cc. Pilihan lain dengan kapasitas lebih besar ada mesin diesel 5-silinder TDCi VG Turbo berkapasitas 3200cc. Yang baru adalah hadirnya mesin bensin 4-silinder EcoBoost berkapasitas 2000cc. Entah versi mana yang akan dihadirkan Ford Motor Indonesia untuk pasar tanah air, mudah-mudahan saja semuanya.

Kasta tertinggi bermesin 3200cc sanggup menghasilkan tenaga sebasar 200HP dengan torsi puncak 470Nm. berpadu dengan transmisi 6 percepatan, mesin ini diklaim lebih hemat 18 persen dari versi sebelumnya. Untuk transmisi tersedia pilihan manual dan otomatis. Sementara itu mesin 2200cc-nya memiliki tenaga sebesar 160HP dengan torsi puncak sebesar 385Nm. Untuk versi bensin, tenaga yang dihasilkan sebesar 166HP, tetapi torsi maksimumnya relatif rendah, khas mesin bensin, 225Nm.

Meskipun Ford sangat memperhatikan gaya dan kenyamanan, fungsi kendaraan ini sebagai alat pengangkut barang juga tidak dikesampingkan. Bak Ford Ranger dapat diisi beban lebih dari 1 ton. Sementara towingnya cukup kuat untuk menarik beban dengan berat lebih dari 3 ton, tepatnya 3.350 kilogram, terkuat di kelasnya.

Jika anda bermukim di kawasan rawan banjir, All New Ford Ranger 2015 bisa menjadi pilihan tepat supaya anda bisa tetap wara-wiri dengan aman dan nyaman di musim hujan karena mobil ini sanggup menerjang genangan air sedalam 80 senti, sementara untuk medan berat juga pasti dilibas dengan mudah karena memiliki ground clearance setinggi 23 senti. Aproach angle 28 derajat dan departure angle 25 derajat membuatnya sanggup melibas medan off-road yang ekstrim sekalipun.

Sebagai kendaraan modern, All New Ford Ranger 2015 juga dijejali segudang fitur canggih termasuk konektivitas SYNC 2, Lane Keeping Aid, Adaptive Cruise Control, Driver Impairment Monitor dan Front and Rear Parking Sensors. Sektor penggerak juga sama-sama dijejali fitur-fitur canggih seperti teknologi Start-Stop dan Electric Power Assisted Steering terbaru.

Kalau akhir-akhir ini kita sangat fasih dengan istilah smart-phone, tidak salah kalau kita menyebut All New Ford Ranger 2015 ini sebagai smart-truck.