Sebetulnya kekhawatiran dengan penuaan bukan merupakan wilayah kekuasaan kaum wanita saja. Meskipun mungkin tidak terekspresikan sejelas wanita, pria juga mengkhawatirkan pengaruh penuaan pada penampilannya. Biasanya pria mengalami tekanan psikologis yang cukup besar saat akhirnya harus menyerah pada kesulitan membaca dan membeli kaca mata baca untuk pertama kalinya.

Salah satu efek penuaan yang paling mengganggu pria adalah munculnya uban pada rambut.

Konon selain soal umur, ada banyak hal yang mempengaruhi cepat atau lambatnya penampakan uban. Stress, gaya hidup, sampai faktor genetik merupakan beberapa hal yang sering dirujuk sebagai faktor-faktor yang turut mempengaruhi. Meskipun demikian faktor-faktor tersebut hanya turut mempengaruhi. Pada akhirnya, cepat atau lambat, entah pada umur 20-an, 30-an, 40-an atau mungkin malah lebih, kecuali anda berkepala plontos, uban akan muncul juga.

Sebetulnya kehadiran uban bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Anda bahkan bisa menggunakan kehadiran uban justru untuk memperkuat karakter dalam penampilan anda. Percayalah bahwa uban bukanlah salah satu faktor yang membuat penampilan menjadi lebih buruk. Contoh nyatanya, lihat George Clooney. Dia tetap terlihat menawan dengan rambut beruban. Bahkan dia berhasil memikat hati pengacara jelita untuk menjadi istrinya dengan rambutnya yang beruban itu.

Terima dengan Lapang Dada

“Rambut beruban itu berkah”, kata Brent Pankhurst, bendiri barber shop dan produk grooming pria bermerk Pankhurst London dalam wawancara dengan fashionbeans.com. “Kalau anda belum bisa menerima kalau rambut beruban sebagai berkah, coba tanya mereka yang berkepala botak”, lanjutnya. Bener juga kan? Meskipun mungkin saat pertama menemukan beberapa lembar rambut putih di kepala bukanlah sesuatu yang pantas untuk dirayakan, setidaknya anda masih memiliki banyak pilihan yang bisa dilakukan untuk penampilan anda daripada mereka yang berkepala botak atau malah plontos sama sekali.

“Rambut keperakan menunjukkan kemapanan, pengalaman, dan kekuasaan”, seorang tukang cukur berpengalaman dari Ted’s Grooming Room memberikan pandangannya. “Percaya atau tidak, semakin hari semakin sering kami mendapatkan pelanggan yang bukan hanya menyambut gembira munculnya uban tapi justru mengharapkannya”, lanjutnya.

Saking menariknya penampilan rambut keperakan, banyak mereka yang baru berumur 20-an dan masih jauh dari datangnya uban sangat menginginkannya. “Semakin hari semakin banyak pria muda yang begitu menginginkannya sampai-sampai mereka memilih untuk mewarnai rambut mereka dengan warna abu-abu, keperakan, bahkan putih”, kata seorang penata rambut langanan selebriti papan atas, Jamie Stevens.

Tidak Perlu di Cat

Portal fashionbeans.com menyatakan bahwa semua pakar dan praktisi yang diwawancara berpendapat munculnya uban sebaiknya disambut positif oleh semua pria, tua maupun muda. Meskipun demikian memang ada beberapa kasus dimana mewarnai rambut menjadi pilihan yang realistis. Misalnya saja uban yang muncul pada anak remaja 17-an. Atau warna abu-abu di kepala tidak bisa dipadu-padankan dengan tumpukan pakaian yang sudah terlanjur memenuhi lemari.

Jika mewarnai rambut menjadi pilihan yang diambil, mereka menyarankan untuk memilih warna yang semirip mungkin dengan warna rambut asli, tidak terlalu terang ataupun terlalu gelap. Lebih jauh mereka juga menyarankan untuk memilih jenis yang tidak mengkilap.

Model rambut pendek, proses pewarnaan rambut harus diulang cukup sering, setidaknya setiap 3 minggu, karena rambut yang tumbuh dari pangkal dengan warna asli termasuk ubannya akan lebih mudah terlihat. Ribet kan?

Perawatan Rambut Beruban

Jika anda memilih untuk tidak melawan takdir alam dan menerima kehadiran uban di kepala, tidak berarti juga kita bisa membiarkannya tanpa perawatan. “Sampo keperakan paling cocok untuk menjaga supaya warna abu-abu rambut tetap menarik karena sampo jenis ini akan menghilangkan kesan kemarahan pada rambut”, saran Jamie Stevens. Menghilangkan nuansa warna kuning dan merah membuat rambut nampak lebih sehat dan bersinar.

Daniel Davies menyarankan untuk menggunakan kondisioner yang mengandung argan oil. Selain tidak memiliki pigmen warna, uban juga kekurangan protein yang selain berpengaruh pada warna juga berpengaruh pada kesehatan dan kelembutannya. Argan oil juga kaya akan vitamin E dan asam lemak omega 6 yang dibutuhkan untuk menjaga kelembaban rambut.

Gaya yang Cocok untuk Rambut Beruban

Meskipun kita mungkin pernah melihat tokoh-tokoh yang terlihat tetap menarik dengan rambut beruban yang dibiarkan tumbuh panjang, rambut beruban lebih baik dipotong pendek dan rapi. Bukan hanya lebih baik dari sisi gaya, tapi juga dari sisi kesehatan rambut itu sendiri. Jika anda cukup beruntung, tumbuhnya uban tidak dibarengi kerontokan, ada banyak gaya rambut yang bisa anda anda pilih.

Karena tumbuhnya uban biasanya juga dibarengi dengan perubahan tekstur, “Dipotong sangat pendek merupakan pilihan paling tepat untuk rambut beruban”, saran Pankhurst. “Tekstur rambut pria biasanya berubah menjadi lebih kasar saat beruban”, ungkap Daniel Davies. “Karena itu model potongan yang lebih bertekstur lebih baik, atau mungkin coba model yang lebih pendek di belakang dan samping”, sarannya lebih lanjut.

Model buzz cut, french crop, atau berjambul rapi adalah beberapa pilihan yang dinilai cocok untuk rambut keperakan, putih, atau hitam bercampur uban. Brent Pankhurst menyebut gaya rambut ala bintang tahun 1950-an, Carry Grant, juga cocok. Jika anda hanya kehilangan warna tanpa kerontokan, anda juga bisa bereksplorasi lebih berani, tidak harus terkungkung dengan pilihan-pilihan aman. Model undercuts dan pompadours bisa dicoba jika anda merasa model-model tersebut sesuai dengan kepribadian, gaya hidup, profesi, dan bentuk wajah anda.

Jika selain warna anda juga kehilangan masa rambut, memanfaatkan apa yang tersisa mungkin memang sedikit lebih menantang. “Minta tukang cukur untuk hanya menggunakan gunting saja”, saran penata rambut senior di Ted’s. “Teknik ini membantu memberi kesan tebal”, lanjutnya. Minta untuk menggunakan gunting tekstur untuk rambut bagian atas, untuk menciptakan kesan panjang dan padat.

Sebetulnya produk-produk styling rambut tidak terlalu penting. Untuk model yang memerlukan pembentukan tekstur seperti model berjambul, bisa dipilih produk berbahan dasar clay yang memberi kesan dof, tidak mengkilap. Produk-produk seperti jel wet-look, semprotan glossy, dan minyak rambut justru akan membuat rambut terlihat kusam.

Jika anda termasuk orang yang memiliki jambang, mengimbangi warna rambut dengan warna jambang di wajah dapat memberikan keseimbangan yang menarik.

José Mourinho, John Slatterly, George Clooney, Anderson Cooper, dan ada banyak sosok pria terkenal yang memilih untuk mengikuti panggilan alam, membiarkan rambutnya beruban, dan tetap tampil mengesankan. Anda bisa memilih sosok idola anda sendiri sebagai panduan inspirasi. “Rambut beruban pada seorang pria justru keren dan berkesan klasik, seperti Aston Martin DB5, jadi peliharalah rambut beruban anda seperti anda memelihara mobil klasik”, saran Brent Pankhurst.

Tumbuhnya uban bukan pertanda menurunnya kejantanan, tapi tercapainya tingkatan yang lebih tinggi dari kepribadian anda, termasuk dalam hal gaya.

Rawat rambut anda dengan baik, pilih model yang cocok, lalu gunakan konsentrasi anda untuk menikmati fase baru dalam kehidupan anda, fase kehidupan yang lebih dewasa, meskipun belum tentu perilaku anda sedewasa penampilan baru yang anda dapat dari tumbuhnya uban.

Model Pompadour

Model Pompadour

Model Undercut

Model Undercut

Tidy Quiff

Tidy Quiff

Model French Crop

Model French Crop

Model Buzz Cut

Model Buzz Cut