Dengan posisinya yang tersembunyi di bagian dasar perut, prostat sering kali luput dari perhatian. Bahkan saat kita membahas aneka masalah kesehatan pria, sering kali kita hanya bicara mengenai organ-organ yang terkesan lebih vital seperti jantung, hati, atau mungkin otak. Padahal prostat merupakan salah satu organ pria yang paling banyak mengalami masalah kesehatan. Sejumlah masalah kesehatan prostat pada umumnya masuk ke dalam salah satu golongan ini: prostatitis, prostatodynia, benign prostatic hyperplasia (BPH), dan kanker prostat.

Jenis-Jenis Penyakit Prostat

Prostatitis mencakup hampir semua masalah kesehatan prostat secara umum, termasuk diantaranya peradangan prostat yang sering menyebabkan nyeri. Rasa nyeri ini berbeda dengan Benight Prostatic Hyperplasia (BPH) yang biasanya hanya menimbulkan rasa kurang nyaman saja. Prostatitis merupakan masalah kesehatan yang lumrah dialami pria dewasa. Sebagian diakibatkan oleh infeksi bakteri, tetapi lebih sering penyebabnya tidak diketahui dengan pasti. Pada banyak kasus, menjauhi alkohol dan makanan pedas cukup efektif mengurangi masalah prostatitis.

Prostatodynia lebih banyak terjadi pada pria paruh baya. Biasanya gejalanya berupa rasa sakit ataupun hanya sekedar tidak nyaman pada bagian selangkangan, pinggang, testis, dan penis. Biasanya terjadi pengerutan otot – semacam kram – pada pada saluran kemih yang berhubungan dengan prostat atau pada saluran empedu. Dalam kasus-kasus yang sudah cukup berat, biasanya terjadi kelelahan otot di sekitar kemaluan dan selangkangan. Stress dan ketegangan emosional diketahui berperan sangat besar pada terjadinya penyakit prostat yang satu ini.

Benign Prostatic Hyperplasia (BPH) yang juga dikenal dengan istilah hypertrophy biasanya disebakan tingkat pertumbuhan sell prostat yang meninggi. Diketahui bahwa 60% pria yang berusia antara 40 da 59 tahun mengalami masalah ini. Tetapi meskipun banyak pria mengalami masalah ini, biasanya gejalanya baru nampak pada saat pria memasuki usia paruh baya. Kecenderungan ini terus meningkat seiring bertambahnya usia. Studi menunjukkan bahwa 85% pria yang sudah memasuki usia 80 tahun menunjukkan gejala BPH.

Efek langsung dari BPH adalah menurunnya kemampuan untuk mengosongkan empedu karena penyakit ini menimbulkan pembengkakan prostat yang kemudian menjepit saluran kemih. Meskipun gejala yang ditunjukkannya mirip, BPH bukan kanker. Dokter menyarankan saat usia sudah melewati paruh baya, pria perlu secara rutin memeriksakan diri untuk memastikan bahwa gejala-gejala BPH yang kemungkinan besar sudah mulai diidapnya memang benar-benar hanya merupakan gejala BPH, bukan kancer.

Dari semua masalah kesehatan prostat, kanker prostat merupakan yang paling berbahaya. Untungnya kanker prostat merupakan jenis kanker yang paling lambat penyebarannya.

Nutrisi Pencegah Masalah Prostat

Seperti banyak peyakit lainnya, mencegah lebih mudah daripada mengobati, salah satunya adalah dengan mencukupi pasokan nutrisi yang berperan dalam melindungi prostat. Pada umumnya nutrisi yang berperan penting dalam menjaga kesehatan prostat terdiri dari tiga kelompok penting: antioksidan, asam lemak esensial, dan mineral.

Banyak studi yang dilakukan para ahli di berbagai belahan dunia menunjukkan kecenderungan yang konsisten, konsumsi buah dan sayur berperan sangat penting dalam melindungi prostat terutama dari kanker, sementara konsumsi susu secara berlebihan memberikan efek yang bertolak belakang. Mineral yang diperlukan pria untuk melindungi prostat diantaranya vitamin E (200 IU per hari), lycopene (5–10 mg per hari), selenium (400 mcg per hari) dan seng (15 mg per hari). Konsumsi flaxseed oil (1–2 sendok makan setiap hari) dan biji labu juga diketahui sangat bermanfaat untuk menjaga kita dari penyakit prostat.

Pria disarankan untuk menghindari konsumsi margarin, minyak nabati yang diproses dengan hidrogen, dan makanan yang dimasak dengan cara digoreng.

Sementara itu sejumlah studi melihat adanya korelasi antara asupan kalsium dan penyebaran kanker prostat. Meskipun demikian sampai saat ini belum ada kesimpulan akhir yang diterima semua fihak. Ada kecenderungan peningkatan resiko kanker prostat sejalan dengan penambahan asupan kalsium. Masalahnya adalah karena kalsium merupakan salah satu mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Peneliti menemukan adanya peranan vitamin D yang menyebabkan kecenderungan tersebut. Sayangnya vitamin D juga sangat dibutuhkan tubuh. Titik terang sudah mulai nampak karena para ilmuwan menemukan kemungkinan bahwa konsumsi buah-buahan dapan menjadi pelindung yang efektif untuk tubuh kita.

Adanya Hormon Wanita Dalam Tubuh Pria

Kita mungin sering mendengar bahwa untuk mengendalikan fungsi-fungsi seksual, tubuh wanita memproduksi hormon estrogen sementara tubuh pria memproduksi hormon testosteron. Ternyata tubuh pria juga memproduksi hormon estrogen, disamping hormon testosteron. Seiring bertambahnya usia, perbandingan antara produksi hormon testosteron dan estrogen semakin berkurang. Penurunan rasio ini diyakini turut bertanggung jawab dalam munculnya masalah-masalah kesehatan yang menyangkut prostat.

Para ahli menyatakan bahwa isoflavon pada kacang kedelai dan red clover yang di tanah air dikenal sebagai daun semanggi memiliki kemampuan untuk membantu menjaga kesehatan prostat. Demikian juga ekstrak sow palmetto, sejenis beri asal Florida, dan polen yang merupakan serbuk sari bunga jantan yang dikumpulkan oleh lebah.

jual-saw-palmetto-extractJual Saw Palmetto Extract

Selain bermanfaat untuk mencegah aneka penyakit prostat pada pria, ekstrak saw palmetto juga memiliki banyak manfaat lainnya, khususnya untuk hal-hal yang berhubungan dengan penurunan produksi testosteron seiring dengan bertambahnya usia, misalnya saja manfaat saw palmetto extract untuk mencegah kebotakan yang bagi sebagian pria terutama yang sangat peduli dengan penampilan, bahkan lebih menakutkan dari penyakit prostat itu sendiri. Belum lagi kalau kita bicara testosteron yang memang merupakan hormon kejantanan, tentunya kita juga bicara mengenai performa di atas ranjang.

Harga saw palmetto extract produksi Puritan’s Pride ini juga tidak membuat kantong bolong, hanya 200-ribuan untuk satu tube berisi 60 butir, kalau dikonsumsi setiap hari satu butir artinya cukup untuk 2 bulan.