Sudah bukan rahasia lagi kalau ketertarikan pria dan wanita terhadap hubungan sex sangat berbeda. Apapun latar belakangnya, yang jelas biasanya sering kali pria mengalami kesulitan saat mengajak pasangannya untuk bercinta. Kalau anda menghadapi masalah tersebut, tidak ada salahnya untuk mencoba membujuk pasangan dengan mengingatkanya dengan sejumlah manfaat sex bagi wanita. Tentunya manfaat yang disebutkan haruslah yang menarik bagi wanita.

Supaya sukses, tentu anda sendiri harus faham betul. Nah kalau anda sendiri belum tahu, silahkan simak sejumlah manfaat sex bagi wanita berikut ini.

Sex Membuat Wanita Lebih Langsing

Apakah pasangan anda termasuk yang mengkhawatirkan bentuk tubuhnya?  Selain aneka jenis olah raga termasuk berkutat dengan treadmill di gym, sex juga merupakan salah satu bentuk olah raga. Dr. Desmond Ebanks, pendiri sekaligus direktur medis Alternity Healthcare di Connecticut, Amerika Serikat, mengatakan bahwa hubungan sex membakar antara 75 sampai 150 kalori setiap 30 menit. Silahkan dibandingkan dengan aktivitas lain. Untuk setiap 30 menit berjalan kaki, kita menghabiskan 153 kalori. 30 menit berlatih yoga membakar 114 kalori. 30 menit menari membakar 192 kalori.

Selain membakar kalori, hubungan sex juga membantu otot tetap ramping. “Rangsangan sex dan orgasme melepas hormon testosteron yang salah satu manfaatnya adalah menjaga tulang dan otot”, terang Dr. Ebanks.

Sex Menjaga Kesehatan

Katakan pada pasangan anda bahwa masalah jantung merupakan pembunuh nomor satu bagi wanita. Hubungan sex sama pentingnya dengan diet, menjaga kadar kolesterol tetap rendah, dan memastikan kadar sodium tetap terkendali. “Sex merupakan aktivitas yang memacu detak jantung dan aliran darah”, kata Dr. Ebanks. Dalam studi yang dipublikasikan oleh Journal of Epidemiology and Community Health disebutkan bahwa hubungan sex dua kali atau lebih setiap minggu mengurangi resiko kematian akibat serangan jantung hingga separuhnya.

Sex Membuat Tidur Lebih Berkualitas

Seringkali stress berujung pada masalah tidur, entah sulit tidur atau kualitas tidur yang buruk. Sebagian mungkin menyarankan minum susu atau teh sebelum tidur. Dr. Ebanks meyakini bahwa hubungan sex bermanfaat membantu masalah tidur, terutama yang disebabkan oleh stress. “Ada hubungan langsung antara frekuensi hubungan sex dan kemampuan manusia mengendalikan stress”, katanya. Relaksasi paripurna yang didapat setelah orgasme pada wanita membuat tidur setelah hubungan sex jadi lebih lelap dan istirahat lebih baik.

Meningkatkan Imunitas

Gaya hidup dan kondisi lingkungan sering kali dituding sebagai faktor yang membuat tingkat kekebalan tubuh menurun. Akibatnya tubuh jadi lebih cepat lelah dan mudah terkena penyakit. Anda mungkin sering mendengar aneka tawaran produk untuk meningkatkan kekebalan tubuh, baik dalam bentuk obat maupun produk-produk herbal seperti teh rosella, kulit manggis, dan lain-lain. Tentu namanya produk herbal yang tidak ada bedanya dengan jamu, pastinya nggak enak.

Kalau ada yang enak dan gratis, lalu kenapa masih menggantungkan diri dengan yang mahal dan nggak enak?

Studi yang dilakukan oleh para peneliti di Wilkes University di Pennsylvania, Amerika Serikat menunjukkan bahw orang yang melakukan hubungan sex satu atau dua kali seminggu menunjukkan tingkat kekebalan dalam bentuk antibodi yang secara ilmiah dengan sebutan immunoglobulin A. Perbedaannya juga cukup signifikan, 30%.

Meningkatkan Kesehatan Mental

Anda perlu mood booster untuk melawan depresi dan menghalau kekhawatiran? Patricia Tan, MD, seorang ahli medis untuk JustAnswer.com memberikan jawaban yang singkat dan sederhana, sex. Tapi Dr. Tan juga menambahkan persyaratan lain, harus dalam hubungan percintaan, jadi nggak boleh jajan lho! “Sex menurunkan tingkat cortisol yang berfungsi menurunkan resiko tekanan darah tinggi, hyperglycemia, dan keasaman pada perut”, jelasnya.

Membantu Mengurangi Rasa Sakit

Anda pernah atau bahkan sering mendapat penolakan atau menolak ajakan untuk berhubungan sex karena sakit kepala? Salah besar! Justru kalau anda sedang sakit kepala anda sebaiknya berhubungan sex, karena sex dapat menghilangkannya. “Rangsangan seksual dan orgasme merangsang keluarnya hormon oxytocin yang kemudian merangsang keluarnya endorphins, karena reaksi alamiah itu sex merupakan penawar rasa sakit yang sangat efektif”, jelas Dr. Ebanks.

Mencegah Ngompol

Keluarnya air seni secara tidak sengaja sehingga menimbulkan masalah kesehatan selain rasa tidak nyaman merupakan hal yang cukup lumrah pada wanita. Studi menunjukkan bahwa sekitar 10 sampai 25% wanita di bawah usia 65 tahun mengalami masalah ini, dan semakin meningkat seiring bertambahnya usia. Gerakan pada saat berhubungan sex memiliki banyak kesamaan dengan latihan Kegel yang banyak dianjurkan dokter untuk dipraktekan wanita untuk melatih otot pelvic. Caranya adalah dengan gerakan mengerutkan dan melonggarkannya secara berulang-ulang, sama dengan saat menahan kencing.

Menjadikan Wanita Lebih Cantik

Kebanyakan pria memang merasa pasangannya nampak lebih cantik sesaat setelah berhubungan sex. Tapi yang satu ini bukan sekedar rayuan gombal. Eric Braveman, MD, pendiri PATH Medical Center di New York, Amerika Serikat mengatakan bahwa hubungan sex melapaskan senyawa pada tubuh yang membawa pengaruh positif pada banyak hal, termasuk memperbaiki tekstur kulit. “Saat berhubungan sex badan memproduksi hormon dehydroepiandrosterone (DHEA) yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menyehatkan kulit, dan mengendalikan depresi”, jelas Dr. Braveman.