Kalau kemarin kita bicara mengenai pentingnya keberadaan ban cadangan, sekarang mari kita pastikan bahwa temen-temannya juga tidak lupa anda bawa. Bayangkan kalau dalam kondisi jauh dari mana-mana salah satu ban anda kehilangan tekanan alias kempes. Ban cadangan ada, anginnya juga penuh, artinya bisa dipakai untuk mengganti, tetapi anda tidak dapat melakukan penggantian ban hanya karena salah satu peralatan yang diperlukan untuk melakukan penggantian ini ternyata tidak ada temukan dalam bagasi mobil.

Kalau anda kebetulan seorang wanita cantik dan seksi, sudah pasti tinggal berdiri meminta bantuan saja akan banyak yang menghampiri untuk membantu. Tetapi kalau anda “batangan” meskipun anda ganteng belum tentu ada yang mau menepi. Pria (normal) cenderung nggak terlalu suka pria ganteng. Sementara wanita, meskipun mungkin mereka tertarik dengan kegantengan anda, mereka juga akan dihinggapi rasa takut, jangan-jangan permintaan bantuan anda hanya sekedar akal-akalan untuk berbuat jahat.

Nah mari kita lihat apa saja yang anda perlukan supaya dapat melakukan penggantian ban dalam keadaan darurat, tentunya selain ban cadangan yang siap pakai itu sendiri dan yang tidak kalah penting, anda tahu bagaimana caranya menurunkan ban cadangan tersebut dari tempatnya.

1. Dongkrak

Peralatan yang satu ini diperlukan untuk mengangkat badan mobil supaya ban yang terpasang bisa dilepas dan ban cadangan bisa dipasang. Ada beberapa tipe dongkrak yang beredar di pasaran. Pabrikan biasanya menyertakan dongkrak bertipe gunting sebagai kelengkapan standar. Sayang penggunaan tipe dongkrak yang satu ini memang lebih menguras tenaga karena sistem kerjanya mekanis. Banyak pemilik kendaraan memilih membeli dongkrak bertipe botol atau buaya. Yang terakhir ini yang paling top. Selain lebih mudah dipakai bahkan pada permukaan yang tidak terlalu rata, untuk mengangkat badan mobil juga tidak terlalu berat karena menggunakan sistem hidrolik.

2. Kunci Roda

Karena baut pengunci ban biasanya berukuran besar, diperlukan kunci yang memiliki ukuran yang sesuai. Selain itu posisi baut roda yang bisanya agak masuk memerlukan batang pengungkit yang berbentuk khusus pula, lain dengan kunci pas atau kunci ring biasa. Pabrikan biasanya menyertakan kunci roda dengan batang berbentuk L yang ukurannya pas dengan baut standar ban yang dipakai. Sementara di pasaran juga dapat kita temukan kunci roda berbentuk + yang di masing-masing ujungnya terdapat kunci dengan ukuran yang berbeda. Biasanya salah satu pas dengan ukuran kunci roda anda.

3. Ganjal

Aturan mainnya, saat satu roda didongkrak, roda lain yang posisinya berlawanan harus diganjal, supaya saat badan mobil diangkat, tidak bergeser dan menyebabkan dongkrak ambruk. Jika roda depan yang diangkat, roda belakang diganjal. Sebaliknya, jika roda belakang diangkat, roda depan diganjal. Dalam keadaan darurat, bisa saja menggunakan batu atau benda apapun yang anda temukan di Te-Ka-Pe. Tapi ganjal khusus yang biasanya dibuat dengan bahan plastik yang kuat dan bisa anda dapatkan di toko-toko aksesoris kendaraan cenderung lebih presisi sehingga tidak terjadi pergeseran sedikitpun saat badan mobil diangkat.

4. Segi Tiga Pengaman

Jangan jorok. Benda berbentuk segitiga yang biasanya bisa dilipat supaya menghemat tempat saat tidak digunakan ini merupakan standar internasional untuk memberi tanda bahwa ada kendaraan yang sedang mengalami masalah, supaya pengemudi lain yang melintas bisa berhati-hati, jangan sampai nyeruduk. Benda ini juga memiliki perlengkapan yang memantulkan sinar sehingga tetap dapat dilihat dengang mudah di malam hari.