Mungkin kita sudah sering mendengar efek negatif kopi untuk kesehatan. Tapi untuk para pecintanya, efek negatif yang sering diceritakan tersebut tidak cukup untuk membuat mereka menjauhi minuman yang satu ini. Kenyataanya jumlah pecinta kopi ini juga tidak sedikit. Kalau kita perhatikan di Indonesia saja, sepertinya hampir semua daerah mempunyai kopi khas yang dihasilkan di daerah tersebut.

Ada kopi Gayo dari Aceh, kopi Mandheling dari Sumatera Utara, dari ujung selatan Sumatera ada kopi Lampung, lalu ada kopi Jawa, kopi Bali, kopi Bajawa dari Nusa Tenggara, kopi Toraja dari Sulawesi, bahkan ada kopi Wamena dari Papua. Di luar negeri pun ada banyak negara-negara dengan iklim yang sama dengan Indonesia menghasilkan kopi yang cukup terkenal.

Di Indonesia saya belum pernah menemukan statistik, tapi di Amerika Serikat, negara dengan penduduk sekitar 320 juta jiwa, konon 100 juta diantaranya menyeruput kopi setiap hari.

Kalau anda merupakan salah satu pecinta kopi, beruntunglah karena ternyata minuman berasa pahit ini juga memiliki banyak manfaat. Berikut ada 6 manfaat kopi untuk kesehatan anda yang dikompolasi dari majalah Men’s Fitness. Silahkan disimak.

Ketajaman Mental

Kita mungkin sering melihat orang-orang yang ketajaman mentalnya semakin menurun seiring bertambahnya usia. Ada banyak istilah yang biasa kita pakai untuk menggambarkan kecenderungan ini, yang mungkin paling sering kita dengar “pikun”. Biasanya kita menganggap ini hal yang tidak dapat dihidari meskipun ditakuti. Mungkin hampir sama dengan rontoknya gigi, kulit keriput, dan munculnya uban.

Tetapi ternyata sebuah riset menemukan bahwa dengan meminum antara 3 sampai 5 cangkir kopi setiap hari, resiko munculnya penyakit alzheimer dan dementia yang sangat berhubungan dengan ketajaman mental di usia lanjut ini dapat diturunkan sampai 65%.

Supaya tidak terlewatkan, anda disarankan untuk minum secangkir kopi setiap anda makan.

Melindungi Jantung dan Pembuluh Darah

Banyak yang menghindari kopi karena takut mengganggu kesehatan jantung. Anda tentu tidak asing dengan orang yang menyatakan jantung sering berdetak lebih cepat gara-gara mengkonsumsi kopi. Kenyataanya dengan mengkonsumsi satu atau dua cangkir kopi setiap hari, resiko kematian akibat penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah turun scara signifikan. Studi di Jepang yang melibatkan 76.000 orang membuktikan bahwa penurunan resiko tersebut mencapai angka 38%.

Mungkin ini mendorong anda untuk lebih tenang dengan kecintaan anda pada kopi, tapi jangan sampai membuat anda melupakan olah raga yang juga sangat penting untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Resiko Kematian

Kebanyakan orang takut dengan kematian. Jadi kalau ada hal yang bisa mengurangi resiko kematian, pastinya anda tertarik bukan? Nah sebuah studi yang melibatkan lebih dari 400.000 orang membuktikan bahwa resiko kematian menurun 6% untuk mereka yang meminum secangkir kopi setiap harinya. 2 sampai 3 cangkir, penurunan resikonya lebih besar lagi, 10%. Manfaat maksimal didapat dengan mengkonsumsi lebih banyak lagi, dengan meminum 4 sampai 5 cangkir kopi sehari, resikonya turun sampai 12%.

Tapi anda juga diingatkan untuk tidak mengkonsumsi lebih dari 5 cangkir kopi dalam sehari.

Menangkal Diabetes

Penyakit diabetes merupakan salah satu masalah kesehatan yang mengerikan. Meskipun tidak secara langsung meyebabkan kematian, kemampuannya merusak banyak organ vital membuatnya menjadi salah satu mesin pembunuh paling efektif. Sialnya ada kecenderungan jumlah pengidapnya semakin meningkat. Saat ini 11.8% pria di Amerika Serikat berusia di atas 20 tahun mengidap diabetes.

Studi yang dilakukan oleh peneliti-peneliti Harvard antara tahun 1986 sampai tahun 1998 yang melibatkan 40.000 pria menunjukkan bahwa konsumsi kopi dalam jangka panjang mengurangi resiko munculnya diabetes tipe 2. Disebutkan juga bahwa semakin banyak kopi yang dikonsumsi, semakin berkurang pula resikonya.

Tapi jangan lupa, gulanya harus dibatasi.

Menanggulangi Pegal

Pastinya kita biasa merasa badan sakit-sakit alias pegal linu setelah bekerja terus-menerus. Kemudian kita akan merasa sedikit lebih segar, pegalnya berkurang setelah sejenak beristirahat sambil menikmati secangkir kopi. Nah ternyata bukan hanya rehatnya saja yang membuat rasa sakit tersebut berkurang, tetapi juga konsumsi kopinya.

Sebuah studi di Norwegia mengamati sejumlah orang yang melakukan pekerjaan yang sama di sebuah kantor. Mereka yang mengkonsumsi kopi mengalami tingkat rasa sakit yang tercatat dengan skor 41, sementara mereka yang tidak mengkonsumsi kopi menderita tingkat rasa sakit pada angka 55. Tidak disebutkan cara untuk mengukur rasa sakit tersebut, tetapi hubungan antara kopi dan penurunan rasa sakit terbukti disitu.

Penurunan Berat Badan

Untuk yang satu ini, kita bukan berbicara mengenai kopi yang biasa kita konsumsi sebagai minuman berwana coklat gelap, tetapi ekstrak kopi hijau. Konon studi selama 22 minggu terhadap mereka yang mengalami kelebihan berat badan menunjukkan tingkat penurunan berat badan yang cukup signifikan, 37.5% peserta bahkan berpindah status dari pra-obesitas menjadi normal.

Jika anda sedang berusaha menurunkan berat badan, coba kombinasikan olah raga anda dengan mengkonsumsi ekstrak kopi hijau yang biasanya dijual dalam bentuk kapsul.